Beranda > Aktivitas, Bahasa, Celotehan > Kadung Kecebur di Sumur Maya

Kadung Kecebur di Sumur Maya

Ini adalah Rekam jejak satu tahun blog santribuntet. Maaf tulisannya puanjang. Ditulis buru-buru dan linknya masih kacau. Maafkanlah semoga bisa diperbaiki nantinya.

Guru saya berkata:

Jika suatu aktivitas yang kecenderungannya melebihi yang lain, itu pertanda takdirmu menyertai di situ.

Kata-kata itu konon, dipungut dari sabda Rasulullah saw. Kata-kata itu juga sebagai jawaban dari pertanyaan saya yang diajukan padanya.

Memperingati satu tahun web ini, izinkan saya untuk merekam jejak di mana saya kecebur di dunia maya ini. Bermula dari mengelola web komunitas pesantren kami. Kemampuan minimal tapi berhasil maksimal. Eits… jangan salah tafsir! Maksudnya, tanpa harus milyaran membangun situs, hanya bermodal 150 ribu saja, dapat membeli domain dan server dan jreng situsnya berkibar.

Reaksi senang dari para santri buntet yang lain dan komunitas di pondok. Namun masalahnya kemudian adalah mengisi tulisan secara kontinu, sementara saya sendiri waktu itu belum bisa menulis babar blas. Mau menorehkan kata-kata saja sulitnya minta maaf ampun. Modal saya hanya bisa membaca. J

Ya sangat lucu, membuat situs tapi tidak ada tulisan. Akhirnya, untuk mengisi web itu tergantung pada paman goop google dan uncle yahoo. Di sana ada jutaan artikel yang siap setiap saat.

Dari informasi kedua paman itu, saya kenal rupa-rupa warna situs: ada yang hijau kuning kelabu, merah muda dan biru. J Lalu Dor! Saya pun pernah tersesat di situs berplat merah. Namun karena kesadaran nurani *ciyeee* saya alihkan ke FS dan bosen dengan itu maka muali kenal dengan aneka macam blag-blog, lengkap dengan asesorinya. Maka saya perhatikan dan pelajari enak juga ya bisa membuat blog. Maka lahirkan blog saya yang sederhana ini.

***

Sekitar 7 bulan dari Januari 2007 saya ngeblog tidak intensif. Maksudnya hanya menulis saja dan tidak banyak “berhubungan mesra” dengan para blogger (blogwalking). Karena blogwalking waktu itu barang mewah buat saya. Tapi meski demikian, saya berkenalan dengan seleb-seleb blog diantaranya. :

Banyak tulisan saya diposting sejak Januari 2007. tapi ketika tulisan: “hati-hatilah dengan GAM” Mr. Tajib, blogger santri yang ahli menulis buku dan jurnal dari Banyumas ini tulisannya ringan dan cerdas. Tapi lagi-lagi saya tidak banyak berkunjung dan berkomentar di sana karena memang blogwalking sebagai barang mewah.

Wong M@ngli adalah seorang guru yang juga mengawali komentar di blog saya. Saya berterima kasih padanya karena waktu itu ia memberikan supprot agar menulis seperti Aid al Qorni… J Namun saya kurang intesif berhubungan mesra dengannya karena ketidak mengertiannya. Tapi saya meninggalkan jejak padanya pertama kali.

Destiutami, Blogger wanita muda berbadan sehat kuat lagi berbakat. Mahasiswi jurusan gigi kodok gizi. Tulisannya aneh-aneh. Saya sering berkunjung dan menggoda di sana dengan komentar pertamaku: “menyapa destiutami”. Mendefinisikan dia; Ada syair sekenanya: menjaring laba-laba cinta.

Deking, Blogger dari Negeri Nederlands tapi berasal dari Banjarnegara. Dia ahli matematika tapi juga filosofisnya. Saya pun berlama-lama membaca tulisan-tulisan yang sok paham dan berkomentar kadang OOT. Di sana saya berkomentar nyampah pertama kali kalau tidak salah sebuah puisi.

Dokter Cakmoki, Seorang dokter dari Jawa tapi merantau ke Kalimantan. Tulisan-tulisan tentang kesehatan sangat mudah dimengerti. Dia pun seorang dokter yang murah senyum dan murah komentar. Dimana-mana dia sebarkan amal koment termasuk pada setiap tulisanku. Saya pun berkenalan dengan komentar pertama kali.

Dokter Evy. Dokter primadona asli Jowo tapi juga Joyoboyo. Waktu itu ibu cantik dan murah senyum ini digemari seluruh pelosok tanah air. Seleb dokter ini kalau posting dikomentari hingga ratusan. Sayapun tidak kuat untuk menggodanya dengan satu komentar yang membuatkan senyum sumringah.

Antobilang, blogger selebritis dari Yogyakarta terkenal dengan pembuat banner itu saya sebut penebar virus “kullu blogger basodara” (semua blogger basodara). Dia sering membuat bikin tulisan yang banyak mengupas isu-isu blogger Indonesia. Terbukti komentarnya di setiap postingan bisa ratusan. Saya pun menggodanya dengan komentar yang membuat ia tersipu-sipu dibuatnya: “Anto si pembuat tato”

Agorsiloku, blogger sain-inreligion yang menginspirasi atas pemikiran yang mendalam dan banyak data-data. Saya terkesan dan pertama kali berkomentar di sana: “lumpurku sidoarjoku.” Kemudian komentar saya itu dibuat postingan tersendiri. 🙂

Kangguru, seorang pengajar dari negeri Australia Bogor . Guru satu ini dulu sangat aktif menulis dan seperti biasanya berbahasa ringan dan hangat. Sayapun pernah membuat komentar pertama yang membuat dia kurang sreg kali… saya terkenang pada komentarku di sajak Prof. Dr. Winarno Surakhmad tentang gaji guru,

Ersis Warmansyah Abbas, saya temukan tidak sengaja. Waktu itu masih gratisan webnya. Ia ternyata seorang pencipta virus menulis. Kalau tidak salah sayalah yang pertama kali menciptakan istilah penebar “virus menulis” untuk blogger satu ini. Sebab dari tulisan-tulsiannya membuat saya jadi gairah untuk menikmati syahwat menulis.. Di sana saya berkomentar pertama kali: menarikan pena

Dokter Cakmoki, dokter ndeso bertitel internasional dengan artikel-artikel kesehatannya yang mudah dicerna dan perlu. Di sana sering saya kunjungi waktu dulu. Saya pun nyampah komentar pertamaku : kenalan

Peyek, pegawai negeri sipil yang tulisanya cukup membuat lipatan di jidat. Ternyata belaiau sekarang dijuluki blogger penyemangat komunitas Gresik agar bersatu. Komentar pertamaku aneh waktu itu.

Mathematicse, blogger yang nama aslinya adalah Al Jupri adalah konsen dalam bidang matematika dan sosial. Tulisannya banyak memberikan inspirasi kehidupan. Matematika di tangannya tidak ada yang sulit. Orang Banten ini sekarang masih mukim di Belanda. Sayapun pertama kali bersilaturahmi denganya dengan koment ini.

Venus-to-Mars, blogger yang dipanggil si mbok ini adalah salah satu daftar seleb blog yang banyak berbicara gado-gado. Yang menarik dari postingannya adalah simpel dan singkat. Dari postingan ini saya jadi mengerti bagaimana ngeblog yang baik. Atas sarannya pula saya menggunakan speedy.

Joerig dan Xwoman blogger ini kini sudah tidak kelihatan lagi. Joerig ada di Jerman. Tapi semenjak itu saya melihat dia sudah tidak posting lagi. Tapi xwoman malah bunuh diri sehingga tidak tahu lagi nasibnya. Ohhh wanita memang misteri.

Kang kombor adalah blogger yang seringkali terkesan dengan komentar-komentarnya di blog saya. Blogger yang juga pengelola kafemotor ini sangat

Erander Blogger yang banyak menelurkan ribuan tulisan ini sudah lama saya kenal. Tulisannya banyak sekali namun saya lagi-lagi tidak mampu membelas kebaikan komentar2 di blog saya. Meskipun dia sangat intensif berkunjung ke rumah saya.

SETELAH 4 BULAN AKTIF

Setalah empat bulan aktif ngeblog. Saya pun berkenalan intensif dan “berhubungan mesra” dengan blognya bukan dengan orangnya 🙂 . Meskipun belum pernah kopdar tapi banyak saya berkenalan. Inilah setelah tiga-empat bulan aktif lagi setelah mati selama dua bulan.

Hanna. Blogger dari negeri amoy 🙂 (Singkawang) ini saya kenal setelah 4 bulan aktif. Tetapi saya banyak belajar dari semangat dan menghargai orang lain meskipun berbeda kultur dan ideologi sudah ditunjukkan oleh wanita satu ini. Saya juga ingin berterima kasih atas segala kebaikannya. Tuhan Maha Tahu atas kebaikan hamba-hambanya. Belajar dari tulisan-tulisanya banyak menginspirasikan semangat hidup dan menghidupi semangat 🙂 . Saya terkesan dengan kesabarannya dalam mengolah kata dan komentarnya.

Sawali Tuhusetya, blogger ini adalah seorang guru sastra. Pantas saja tulisanya begitu menggoda dan selanjutnya terserah Anda 🙂 . Pria berdarah jawa namun sehalus orang sunda ini, kata-kata yang meluncur sepertinya cepat sekali dari otaknya, seolah otak itu menempati jari-jemarinya. Begitu gampang meluncur dan kaya dengan idealisme.

Fira. Ibu muda berdarah merah jingga ini sumringah selalu dengan puisi-puisinya. Tak jemu memdang wajahnya di blog. Tapi juga tak sunkan bringsut jika sudah melototi naskah puisinya. Siapapun kepengen koment dengan bahasanya yang khas dari seorang ibu muda ini.

Gempur, blogger guru yang suka menggempur semangat anak-anak muridnya. Tidak kalah kuatnya argumentasi dalam setiap postingannya pun begitu terasa gempurannya. Inilah kekuatan dari sang guru berdawah Jawa. Postinganhya pun kadang berisi puisi dan sajak yang tidak kalah menariknya.

Yari NK. Semoga blogger ganteng ini postingannya banyak membuka wawasan pengetahuan yang jarang diungkap di buku maupun di koran. Kepiawaiannya menampilkan data-data empris hampir tak terbantahkan. Bahkan masuk dalam top post sebuah blog materaial Indonesia.

Zal, blogger baru tapi kata-katanya menggoda. Dia banyak bertutur di blog ini terutama dalam komentar-komentarnya yang menggenjoti dan menjedoti kepala saya. Sebuah pertanyaan nakal dan menelisik ke dalam sanubari sering sekali terlontar. Saya amat penaaran dengannya.

Edratna, blogger yang banyak menginspirasikan akan sebuah kehidupan manajemen ini banyak ditemui dalam postingannya. Ibu ini banyak memberikan waktu untuk mengisi dan meluangkan dalam setiap tulisannya. Tidak satupun komentar dilewatkan untuk dijawab. Seorang ibu yang banyak pengalaman ini begitu low profile. Memang rupanya ibu Enny menganut filosofi padi.

Goop, blogger yang aktif dalam kegiatan sosial dari lembaga dunia ini saya kenal dengan komentarnya yang halus. Makna ungkapan dalam postinganya juga enak dibaca. Dia sendiri mengaku bukan ahli sastra tapi tak kalah dengan para penulis sastra. Komentar-komentar di sini juga menyejukkan. Begitu pula di tempat=tempat lain. Entahlah segudang pengalaman dalam berkomunikasi rupanyayang menjiwai tulisan-tulisannya.

Ram-Ram Muhammad, seorang dai dan pimpinan dari sebuah Pondok Pesantren Aula Hikmah di Bandung. Kelengkapan ilmunya cukup luas. Disamping ahli dalam bidang agama, iapun juga lulusan fakutlas komunikasi. Aktif dalam siaran radio dakwah disamping membimbing santri-santrinya. Kerap kali santrinya dilibatkan dalam komunitas dengan agama lain.

Caplang™ bologger yang suka pertamax di mana-mana ini adalah seorang penikmat jalanan di Jakarta. Siapaun yang mau bertanya alamat Jakarta tanyalah sama caplang. Entah kenapa namanya caplang. Padahal dia bukankah seorang penjual minyak kayu putih caplang™.

Danalingga. Blogger yang paling getol menyuarakan dialog antar agama ini sangat menarik perhatian saya. Postigannya kadang tidak dimengerti kadang sangat bisa ditebak. Namun kemisteriannya itu yang bikin menarik.

Dan masih banyak lagi.. maaf tidak menyebutkan satu-persatu. Karena waktunya sudah habis di sini. Sebenarnya masih banyak lagi bila saya sebut seperti yang saya cantumkan dalam link blogroll. Namun tidak mengurangi rasa hormat saya jika tidak diurai semuanya. Sekali lagi mohon maaf.

*sambil ngos-ngosan*
Urutan penempatan itu sesuai dengan lintasan di kepala tanpa memilih dan memilah. Jadi maaf bukan berati yang di bawah itu tidak didahulukan daripada yang berposisi di atas.
————————————————————————————

HINGGA SATU TAHUN INI saya ingin mengungkapkan maaf atas segala penempatan huruf yang salah, kata yang kurang berkenan atau frease yang tidak pas bahkan kalimat dan paragraph yang tidak layak serta menyinggung.

HINGGA SATU TAHUN INI, saya ingin mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan-kebaikan Anda semuanya. Tanpa Anda mungkin saya sendirian. Tanpa Anda saya adalah penghuni web seorang diri. Tapi dengan kalian semua, saya merasa ada di antara yang ada. Saya tidak bisa memberikan penghargaan dalam bentuk materi, hanya Tuhanlah yang berhak membalas kebaikan-kebaikan Anda semuanya secra langsung maupun tidak.

HINGGA SATU TAHUN INI, saya masih belum aktif berbalas kunjung ke blogger sekalian. Karena berbagai keterbatasan. Karenanya kunjungan itu biasanya terbatas bagi parablogger yang datang. Sementara blogroll kadang kurang diperhatikan. Jadi maafkanlah..

Iklan
  1. 31 Desember, 2007 pukul 8:51 pm

    Wah, bagitu dapat trackback, langsung meluncur ke sini! Wuih, seneng juga nih nama saya disebut-sebut. *jingkrak2 kegirangan*
    BTW, pujiannya jangan terlalu berlebihan Mas Kurt bisa2 saya jatuh. capek deh!
    Selamat ulang tahun untuk “Santri Buntet” yang mencerahkan ini Mas Kurt, semoga makin banyak pengunjung yang rindu untuk datang ke sini, hehehehehe 😀
    Selamat tahun baru 2008 jugak, mudah2an menjadi awal yang baik untuk melakukan sebuah perubahan.
    *Berlalu sambil mikir2 untuk tidak memberikan kado ulang tahun, hehehehe :mrgreen: )

  2. 31 Desember, 2007 pukul 8:54 pm

    *OOT mode on*
    Walah nggak tahu Mas Kurt kalau vertamax.
    Sorry banget, yak, untuk semuanya, saya minta izin nongkorong di podium satu, hehehehe 😆
    *OOT mode off*

  3. 31 Desember, 2007 pukul 8:59 pm

    Vertamax adalah tempat kehormatan buat pak Sawali… 🙂
    liburan di mana pak? saya mau pergi ke tempat pengajian malam tahun baru hujan.. akhirnya nongkorng deh di sini…

  4. 31 Desember, 2007 pukul 10:28 pm

    Whehe, nama saya belum tercantum yak? ya, iyalah…belum lama juga sih saya maen2 ke sini 😀

    Wah, jangan-jangan ‘takdir’ saya juga jadi blogger selamanya nih, soalnya cuma ini yang paling sering saya kerjakan :))

  5. 31 Desember, 2007 pukul 10:40 pm

    saya tidak disebut… hiks hiks…

    *berlalu dengan bahagia*

  6. 31 Desember, 2007 pukul 10:42 pm

    Kang… kok linknya Danalingga malah nyasar ke Caplang? hayoooo…
    ada apa dengan caplang???

  7. 1 Januari, 2008 pukul 12:14 am

    Mas Kurt,
    Nggak salah nih…jadi malu….:D

  8. 1 Januari, 2008 pukul 2:30 am

    Walah mr. Kurt ini nulis-nulis nama saya juga! 😀 (Jadi malu… 😀 ) Walah lengkap banget daftar blogger yang dikunjungi dan mengunjunginya ini…. 😀

  9. 1 Januari, 2008 pukul 7:37 am

    Waduh…. baru tahu aku….. moso saya dibilang ganteng sih??? Jadi besar kepalanya malu aku! Huehehehe…….

    Namun saya mohon maaf yang sebesar2nya, karena akhir2 ini jarang blogwalking ke tempatnya mas Kurt karena menjelang akhir tahun ini kesibukan meningkat **halaah klise**, jadi blogwalking diutamakan ke tempat2 yang akhir2 ini meninggalkan komen di blogku. Jadi maaf ya mas Kurt. Tapi minggu depan mudah2an skedul saya sudah normal lagi, dan bisa bebas blogwalking lagi ke manapun. :mrgreen:

  10. 1 Januari, 2008 pukul 10:59 am

    *kesummon* hehe.. saya bukan jurusan gizi kodok, tapi obat kodok, sama kayak superkecil :mrgreen:

    Wah.. wah.. selamat 1 tahun, smoga ke depannya makin banyak hal2 baik terjadi, amin! 😀

    bedewei, blog yg dilink itu benar2 berantakan tak terurus sekarang 😦

  11. 1 Januari, 2008 pukul 1:18 pm

    Asyik ya ternyata nyebur di sumur maya. Seger terus… Salam kenal! Saya baru beberapa hari blog walking nih…

  12. daeng limpo
    1 Januari, 2008 pukul 2:06 pm

    Semoga Mas Kurt tetap Eksis dan kontinyu menulis ditahun 2008. Saya tunggu tulisan mas selanjutnya. Wassalam.

  13. 1 Januari, 2008 pukul 2:29 pm

    Makasih. Tulisannya miring, semua nyanyian riang. Nyanyian sendunya mana? (Suit … he he, gantian menggoda). Apa memang dunia ini hanya terisi yang indah-indah, seperti nyeburnya Maz Kurt?

    He he banyak yang malu ya … aku bangga disebutka, dan … akan lebih bangga lagi kalau jadi kebanggan (Tius … narsis, kali).

    Mat Ultah Blog.

  14. 1 Januari, 2008 pukul 2:59 pm

    Wah kata2 kang Kurt tentang saya, kaya’nya berlebihan deh. Masa sih, saya sudah menelurkan ribuan tulisan sih??? .. hmm .. pertama, rasa2nya saya belum pernah bertelur. Kedua, postingan saya ga lebih dari 150 postingan. Jadi .. saya pikir, saya ga suka dilebih2kan dan juga ga suka dikurang2kan. Yang pas itu .. indah. Benar ga kang Kurt??

  15. 1 Januari, 2008 pukul 6:40 pm

    Tahun baru dapet sesuatu yang istimewa dari Mas Kurt. Minimal Hanna tercatat di hatinya, ha ha ha. Maksud saya kalau Hanna tidak berkenan di hati Mas Kurt, maka tidak akan ada nama saya di sini, ya, ga?

    Aduh, saya juga belajar banyak dari blog ini. Saya membayangkan seandainya para Santri bisa seperti Mas Kurt indahnya dunia…..

    Tapi, tentang sayanya membuat saya merasa terbang tinggi jauh di angkasa, he he he. Aduh, moga saya masih bisa membedakan mana birunya langit dan mana birunya laut.

    Saya terkesan dengan…… ha ha ha ha ha. Lanjutannya apa, Mas Kurt?

  16. 1 Januari, 2008 pukul 10:26 pm

    Donny Reza
    hahah maaf pak sebenarnya sudah ada tapi yaa itu tadi waktunya mepet sekali waktu nulis.. seadanya di otak aja.. semaunya hehe 🙂
    tapi mas Donny dekat kok kan tempat nya di dekat Pasar Jumat kan heheh 🙂

    Kaaynay lulusan UI kemudian seneng blog dan design mungkin itu takdir nya kali bos. heheh moga2 maju usahanya yaa.. 🙂

    Chiw
    hahahah selalu namamu sengaja tak disebut … tapi hbungan kita tetap lestari heheh
    *depatok ular*

    Chiw
    ihihihihih malu nih.. nanti aku benerin.. yang jelas dua2 nya pria yang menarik bagimu kan heheh 🙂
    seperti aku juga kan hahah
    *dipatok tongkat pramuka*

    edratna
    hahahah.. kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah saya heheheh 🙂

    mathematicse
    Iyaa lah selebritis matematik seperti Kang Al tak boleh dilewati.. di otakku terlintas jelas.. jawara banten yang ada di Belanda heheh 🙂

    Yari NK
    Memang ganteng kok pak.. seganteng di gambarnya.. saya belum tahu tapi aslinya pasti lebih ganteng kan hehehe
    Masalah kunjung2an tenagn aja pak.. kita Isnay Allah masih hidup kan heheh 🙂

    takochan
    heheheh penggiaat masalahkodok yaa rupanya…
    minta satu dong kodoknya…
    makasih yaa.. blognya makin “merangsang” saja mbak.. hehe untuk dibaca maksude…
    sekarang sudah akuganti linknya..

    Ratna
    salam kenal mbak … mau nolongin saya kecebur sumur maya yaa wah makasih apalagi yagn nolongin wanita secantik Ratna.. hmmm terbayang kelezatanhya.. maksudnya Indomie loh.. 🙂

    daeng limpo
    amin bos.. semoga pula layar terus berkembang yaa pak
    wassalam

    Ersis W. Abbas
    Nyanyi riang itu ciri orang2 Cirebon pak .. kalau yang miring2 atau yang sedih2 giasanya orang Batak.. 🙂
    Indah itu buatan di kepala saja bang sebegtu juga sedih2 adanya di kepala… jadi saya sih maunya yang indah seindah alam Indonesia..

    erander
    Maaf pak aku gak lebih2in tapi pernah baca ponstingan bos sudah ada 1000 posting. Tapikalau salah maafkanlah ya pak..

    maslah telur itu kiasan saja.. artinya.. sudah berbuah dan bermanfaat buat semuanya bukan begitu pak.. heheh selamat ulang tahun ya pak.. 🙂

    Hanna
    Hatiku mencatat dikau Ci… jauh dalam lubuk hati karena kepincut sama gaya bertuturnya.. makanya saya tidak melewati posingan2mu.

    Terbanglah setinggi atap rumah jangan tinggi-tinggi nanti jatuhnya sakit. heheh . Dan meski tidak terbang tinggi langit tetap dipandang biru kan heheh .. silahkandilanjutkan sendiri.. yaa saya sudahi komentku di sini.. 🙂

  17. 1 Januari, 2008 pukul 11:04 pm

    Hahaha 😀 .. just kidding .. saya tahu itu hanya kiasan. Tapi kalo saya dapat selamat ulang tahun .. itu yang saya baru tahu. Apakah itu juga kiasan??

    Pak .. saya lebih suka dikritik, dihujat, dikoreksi dll dari pada dipuji. Karena dengan kritikan, saya jadi tahu .. kalo ada peluang lain untuk lebih baik lagi.

    Kalo bisa sih .. saya pengen banget di kritik. Suer. Dihujat juga boleh pak. Sungguh. Agar saya tidak sombong. Agar saya mau terus belajar. Agar saya lebih baik dari hari kemaren.

  18. 1 Januari, 2008 pukul 11:26 pm

    Tenang aja bos nanti aku hujat habis2an hehehe 🙂
    tunggu aja tanggal mainnya 🙂

  19. 1 Januari, 2008 pukul 11:29 pm

    erander
    hahah iyaa yah kok aku ngucapin ulang tahun?
    tapi ya itulah kata2ku tak bisa dicabut lagi.. tapi maksudnya adalah dengan merefresh kembali postingan2 kang Erander.. dan mengawali tahun 2008 artinya ulang tahun itu maksudnya mengulangi tahun dengan tulisan2 yang lebih baik… seandainya ada yang kurang baik, maka pengulangan tahun depan bisa terjadi.. karena berilah peluang pada saya untuk mengkiritk… sebab saya sudah mengkritik kalau tulisannya gak ada yangperlu dikritik heheh 🙂
    Kitu bos..

  20. zal
    2 Januari, 2008 pukul 1:28 am

    ::Pak Kurt::
    terima kasih, sudah diingat ya Pak Kurt 😆 , pengetahuan lengkap sekaliber Pak Kyai Kurt, tidak mungkin terjedoti, jadi sanjungannya saya kembalikan kepada Empunya ya…, saya engga punya apa-apa…
    sebenarnya keluasan pandang pemilik avatar dengan tertawa renyah, dan berlabel Kurt lah yang disamping sangat meneyejukkan dan menyenangkan, juga mau berterima atas kecocokan dan ketidakcocokan pendapat. yang menginspirasi kunjungan saya kemari, mau belajar lebih banyak mengenai keluasan hati….
    Semoga damai dan bahagia selalu menyertai keadaan Pak Kurt, selamat Ultah Blog… :mrgreen:

  21. 2 Januari, 2008 pukul 9:03 am

    selamat satu taunan blog, pak santri 😀
    ditunggu makan-makannya…

  22. 2 Januari, 2008 pukul 9:41 am

    *menyiapkan hati seluas samudera .. untuk menerima kritikan dari santri buntet, biar ga luber*

  23. 2 Januari, 2008 pukul 9:47 am

    Zal
    hahahah justru bang Zal, jedotanmu itu mantaps.. sekaliber Muhamad Ali dan Mike Tyson heheheh 🙂 Pokoke™ saya butuh jedotanmu ya …
    BTW, thanks for all. 🙂

    caplang™
    Makasih Caplang™ saya undang untuk makan-anytime makan-anywhere dan makan-anything 🙂

    erander
    huhuhuuuu rupanya siap tanding yaa.. okeh bos ayo kita jadi sparing partner bertanding yaa peace man! 😆

  24. 2 Januari, 2008 pukul 10:34 am

    Jingkrak-jingkrak dulu

    >>> ati2 musim lagi bikin licin jalan… 🙂

  25. 2 Januari, 2008 pukul 10:34 am

    saya anggap kado tahun baru dari pak Kurt

    >>> sekedar mengenang masa lalu saat kita “bermesraan di ujung sepi” 🙂

  26. 2 Januari, 2008 pukul 10:34 am

    Semangat baru, bangkit dari hiatus

    >> luar biasa, semangatnya terasa banget

  27. 2 Januari, 2008 pukul 10:35 am

    hetrick yessss, nyampah diawal tahun 🙂

    >> hahaha… apakah ini saking semangatnya bebas dari tugas pak?

  28. 2 Januari, 2008 pukul 11:53 am

    Alhamdulillah, selamat ulang tahun blog-nya mas Kurt. Semoga dapat memberikan banyak kebaikan. Syukron juga sudah dikerling… :mrgreen:
    *ikutan jingkrak-jingkrak*

    >>> yaa sekedar mereview ya kang gak bisa kasih hadiah seperti yang lain… heheh 🙂

  29. 2 Januari, 2008 pukul 1:56 pm

    Ass..pak Kurt saya juga berterimakasih ya dapat perhatian dari bapak wah darah saya merah jingga ya pak hehehe kalau buka blog pasti yang nampak duluan foto saya ya pak…yang sumringah…kalau udah kenal siapa fira pasti gak akan nyesel kayak bapak kan…fira baik hati dan tidak sombong lo heheheh.
    muji diri sendiri.Wassalam.

    >>> wa’alaikum salam mbak Fira… yang berdarah merah jingga heheheh 🙂 maaf kalau tidak sesuai darahnya yaah…

  30. edo
    2 Januari, 2008 pukul 6:37 pm

    happy bday kang kurtubi *buat blognya tentunya* semoga semakin sering menulis. ngga kayak saya yang masih sulit konsisten hehehhe
    jangan kecewakan kita2 yang jadi penikmat. terutama yang lagi mencari oase hati seperti saya 🙂

  31. 2 Januari, 2008 pukul 7:09 pm

    Yah…
    saya lambat lapor
    eh ada saya juga yak?? 😳
    terima kasih juga saya haturkan untuk kunjungan2nya ke tempat saya Pak Kurt
    pun saya meminta maaf untuk setiap komen ngacoo saya disini :mrgreen:

    -salam-

  32. 3 Januari, 2008 pukul 4:32 pm

    Enak ya Pak ya, gara-gara ngeblog jadi punya banyak teman. Salam kenal, ijin ngelink blognya sekalian. Suwun.

  33. 3 Januari, 2008 pukul 4:32 pm

    trim s hari pertama dirimu sudah mengunjungiku di 2008, semangat terus cak di tahun genap ini. beri aku juga semangat yaaa,,,,,,,,,….

  34. 7 Januari, 2008 pukul 11:18 am

    slamat taun baru… moga tambah sukses & banyak temen di sumur maya…
    *gapapa walo tak terlintas di kepala krn mmg bukan utk di ingat2 koq… santaikanlah…*

  35. 7 Januari, 2008 pukul 2:12 pm

    SELAMAT TAHUN BARU OM KURT…

  36. 7 Januari, 2008 pukul 2:23 pm

    Ghahaha… ada apa tho?
    dalem banget tanggapan nya di tpt saya, lg sensi yah? tgl brapa siy inih… prasaan blom lama gajian deh… xixixiiii…

    santey kanlah bro, jangan suka berperasaan halus gitu ntar dikira mahluk remang2 pula… hehe
    saya jadi bingung niy menanggapi nya, secara saya emang srius ga masyalah…
    kecuali yg ada di daftar ituh masing2 dapet apartemen gratisan, nah itu… saya marah sangad & mengajukan purotes pada sampeyan.
    santey kanlah bro, skali lagi santey kanlah…
    seperti lagu nya abang kitah tercintah… Bang Haji Rhoma Irama… santhaaay…
    tenang bro, jangan jadi pikiran ah… Horas!
    xixixixi…

    ………
    Iyaa ni, aku belum gajian tepat sekali sensimu mengukur tensi saya … heheheh 🙂

  37. 7 Januari, 2008 pukul 3:37 pm

    baru tgl 7 koq udah ngarepin gajian lg…
    sensi setajam silet…?
    hmmm… *sambil ngelus2 dagu yg ga jenggotan…*
    terlalu berlebihan ah, ini hanya naluri seorang wanita.

    saya menyempatkan diri kemari lg niy, maap belom sempet mengomentari yg lain nya krn lg ada krj an…
    tp jgn kau risau, kuatir, gundah gulana ya *halah, ngomong apa seh!* esun esposibel saya pasti komentarin semuanya, termasuk yg belom ditulis. nanti saya komentarin deh… xixixi…

    don wori bi hepi tut wuri handayani toto tentren raharjo soko kulino… mbuh, ora ngerti
    *kabooorrr…… ke pakistan nge gebet anaknya Benazir yg ganteng etoh… hahahaaa*

  38. 8 Januari, 2008 pukul 10:49 pm

    happy de first anniversary pak, smoega bisa tetap terus nge blog sampe tua (eh dah tua ya) 😀

  39. 15 Januari, 2008 pukul 5:23 am

    Salam pak Ustad….. mau promosi neh… Wahabi Kembali Beraksi di Lombok

    http://islammuhammadi.com/id/content/view/254/1/

    http://islamalternatif.net/

    Matur Nuwun…

  40. 28 Januari, 2008 pukul 12:59 pm

    ngga sengaja googling..eh nemu blog ini,jadi inget dulu waktu di asuh sama kyai hasannudin di depan mesjid buntet ….well…nice blog

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: